MARKET SHARE ULTRA MILK

PENGARUH PENJUALAN PRODUK TERHADAP
 MARKET SHARE ULTRA MILK







    • OLEH:
      FRETTY INDAHSARI SARAGIH
      13213583
      1EA11




      PROGRAM STUDI MANAJEMEN
      FAKULTAS EKONOMI
      UNIVERSITAS GUNADARMA
      2013/2014


PRAKATA
Tujuan utama pembuatan laporan ini yakni sebagai pengambilan nilai tugas dari mata kuliah Dasar-Dasar Pemasaran dan untuk mempelajari peran dari market share dalam proses pemasaran produk. Yang mana pada kesempatan ini, objek penelitian yang dipilih adalah produk Ultra Milk produksi PT. ULTRAJAYA Industry & Trading Company,Tbk. Yang bergerak dibidang industri minuman dan makanan yang berlokasi di Padalarang, Jln. Raya Cimareme 131, Kab. Bandung, Indonesia. Untuk daerah  populasi penelitian laporan  data market share produk ini yaitu Indonesia.
Alasan pemilihan produk Ultra Milk ini yaitu karena susu Ultra Milk sudah cukup dikenal dipasaran dan juga dikalangan konsumen. Susu Ultra Milk yang disajikan dalam berbagai bentuk kemasan, memiliki berbagai aneka rasa, dan juga kaya akan gizi. Tidak ada salahnya bila kita mengkonsumsi jenis produk ini. Selain mudah didapat, susu Ultra Milk ada juga yang dikemas dalam bentuk minuman siap saji.




I. PENDAHULUAN


1.1 LATAR BELAKANG

PT. Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan dalam kemasan aseptic yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti ULTRAMILK untuk produk susu, Buavita untuk jus segar dan teh kotak untuk minuman teh segar.
PT. Ultrajaya berawal dari sebuah perusahaan yang kecil atau home industry yang dibagun pada tahun 1958. Pada saat itu perusahaan masih menggunakan alat yang seadanya atau masih tradisional, dengan berjalannnya waktu, perusahaan kecil tersebut berfikir untuk mengembangkan usaha mereka, kemudian pada tahun 1971 perusahaan ini memasuki tahap pertumbuhan pesat sejalan dengan perubahannya menjadi PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company,Tbk. perusaaan memproduksi produk susu atau minuman yang diolah dengan metode sterilisasi berteknologi tinggi UHT (Ultra High Temperature) yang selanjutnya dikemas dalam kemasan karton aseptik yang steril dan pengawasan mutu yang dilakukan sejak penerimaan bahan baku, selama proses produksi, selama penyimpanan di gudang, sampai pengiriman barang.
Dengan adanya tangggapan masyarakat yang positif terhadap produl Ultrajaya ini, maka pada tahun 1978 perusahaan memproduksi minuman sari buah UHT yaitu Buavita dan pada tahun 1981 perusahaan mengembangkan lagikeragaman produknya yaitu mengeluarkan produk teh UHT yaitu Teh Kotak. Perusahaan tidak puas dengan hanya memproduksi produk-produk minuman saja, untuk ituperusahaan melakukan kerjasama dengan Kraft General Foods International Inc., USA, mendirikan perusahaan patungan (join venture) PT Kraft Ultrajaya Indonesia pada tahun 1985 untuk memproduksi keju dan mentega (Butter). Selain itu perusahaan memproduksi konsentrat sari buah (Fruit Juice Concentration) pada tahun 1992, kemudian pada tahun  2000 perusahaan mengembangkan lagi produk-produk susu yang sudah ada yaitu dengan memproduksi susu bubuk yang bernama MORINAGA. Perusahaan dalam memjalankan usahanya membutuhkan kerjasama dengan pihak-pihak lain untuk dapat mengembangkan lagi produk-produknya agar lebih beragam dan diharapkan konsumen dapat menerima produk baru tersebut. Pada tahun 2003 perusahaan melakukan perjanjian kerjasama dengan AB Foods (Associated British Foods & Beverages), Philipina, untuk memproduksi susu cair dan susu kental manis dengan merek OVALTINE sebagai perwujudan dari tujuan perusahaan yang ingin mengembangkan usahanya. (www.ultrajaya.co.id)

1.2 JENIS-JENIS PRODUK SUSU SEGAR PT. ULTRAJAYA

PT. Ultrajaya memproduksi susu-susu segar dan bergizi tinggi dalam berbagai bentuk tampilan dan aneka rasa yang berbeda. Berikut produk-produk susu segar PT. Ultra jaya:
  • Ultra Milk Full Cream
Keunggulan produk ini sangat cocok untuk diminum sehari-hari. Selain itu, biasa dijadikan bahan baku untuk memasak serta membuat kue. Produk ini juga direkomendasikan untuk diminum anak-anak diatas satu tahun. Ultra Milk Full cream mengandung berbagai kebaikan protein, vitamin dan mineral. Tersedia dalam bentuk susu segar maupun yang sudah dikemas dan memiliki umur penyimpanan lebih lama. Pastikan selalu mendapat manfaat baik susu dengan mengkonsumsi Ultra Milk Full Cream. Tersedia dalam 3 ukuran : 1000 ml, 250 ml, dan 200 ml


  • Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium
Keunggulan produk ini juga baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Ini cocok baik untuk dewasa maupun dewasa awal, khususnya yang memikirkan kesehatan jangka panjang mereka. Kalsium susu yang terkandung didalamnya, berasal dari susu segar alami kami, lebih cepat diserap oleh tubuh dibandingkan produk lainnya. Ayo mulailah berinvestasi kesehatan bagi tubuh anda, dengan mengkonsumsi susu Ultra Low Fat High Calcium.
Karena selain kalsium susu, produk ini juga mengandung 9 nutrisi penting bagi tubuh. Departemen Pertanian U.S ( USDA ) menyebutkan "9 nutrisi penting bagi tubuh ini" adalah makanan baik bagi tubuh untuk menjalankan fungsinya secara baik. Nutrisi ini terkandung dalam susu cair segar, dimana tubuh tidak memproduksi sebanyak kebutuhan sehari-harinya. Tersedia dalam 4 kemasan karton : 1000ml, 250 ml, 200 ml, dan 125 ml Juga tersedia dalam 2 rasa : Plain dan coklat.
 
  • Ultra Milk Varian Rasa
Produk ini cocok untuk dikonsumsi sehari-hari dan juga diminum sehabis beraktivitas atau berolahraga untuk memenuhi kembali cairan tubuh dan membantu pembentukan tubuh. Produk ini baik untuk diminum anak-anak berumur 1 tahun ke atas, apalagi ditambah varian rasa dari bahan alami yang mengandung banyak nutrisi alami yang dibutuhkan tubuh, terutama bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan.
Tak ketinggalan, Ultra Milk Rasa ini juga mengandung karbohidrat dan protein untuk membantu pembentukan ototmu dan membuatmu lebih bersemangat. Tersedia dalam 4 ukuran kemasan dan 3 rasa : Coklat : 1000ml, 250ml, 200ml, 125ml, Strawberry : 250ml, 200ml, 125ml, Mocca : 250ml, 200ml
             
  • Ultra Mimi
Keungulan produk      ini cocok diminum sehari-hari, terutama bagi anak-anak yang masih dalam pertumbuhan. Produk ini sangat baik bagi anak-anak umur 2 tahun keatas.
Tersedia dalam 4 rasa : Full Cream, Coklat, Strawberry, dan Vanila dalam ukuran 125 ml.
 
  • Susu Sehat
Keungulan produk susu sehat terbuat dari susu cair segar berkualitas tinggi yang mengandung kebaikan beberapa nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan berbagai mineral yaitu kalsium, magnesium, dan fosfor. Untuk rasa pada susu sehat, terbuat dari campuran susu cair segar dengan gula dan bahan-bahan alami seperti bubuk coklat dan perasan buah strawberry. Membuat susu sehat, minuman susu lengkap dengan kelengkapan gizi dan kelezatan rasa. Produk ini diproduksi dan dibuat khusus untuk institusi tertentu seperti sekolah dan atau pabrik. Cocok untuk diminum sehari-hari baik bagi anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Tersedia dalam 3 rasa : Full Cream, Cokelat, dan Strawberry
 

II. FAKTOR-FAKTOR

Dalam memasarkan produk-produk kepada masyarakat, Produk Ultra Milk memiliki berberapa fsktor yang mempengaruhi pangsa pasarnya yakni sebagai berikut:

2.1.  Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi?
Faktor yang mempengaruhi market share Ultra Milk adalah:
1. Lokasi Pemasaran
Lokasi pemasaran produk yang sulit dijangkau konsumen, akan sulit menggapaimarket share yang tinggi. Sedangkan semakin mudah dijangkau (perkotaan, lingkungan kampus, perumahan) mempermudah pemasaran  produk Ultra Milk.

2. Selera Konsumen
Selera konsumen yang berbeda beda, juga mempengaruhi market sharenya. Perusahaan harus selalu kreatif dan peka terhadap selera konsumen.

3. Pengiriman Produk
Ketika pengiriman produk ke lokasi pemasaran, seringkali terjadi kerusakan pada kemasan produk. Ketika dipasarkan pun terkadang kemasan yang sudah rusak masih ditampilkan. Perusahaan pun harus memperhatikan hal ini, karena faktor ini juga mempengaruhi dalam pencapaian market share Ultra Milk.

4. Produk lain
Diera modern sekarang persaingan perusahaan dalam menciptakan produk-produk sudah semakin berkembang. Sehingga produk Ultra Milk harus selalu bersaing dengan produk lain dengan selalu memberikan tampilan yang terbaik, dan kualitas yang baik pula.

5. Pengaruh Luar
Yang dimaksud dengan pengaruh luar adalah peletakan produk yang salah. Seperti terkena sinar matahari terlalu lama, masuknya bakteri dari udara, benturan ketika pengiriman sehingga mengakibatkan kerusakan pada kualitas produk.

2.2.  Faktor Apa Saja Yang Mendukung?
Faktor pendukung dalam market share Ultra Milk adalah:
1. Harga yang ekonomis
Dengan harga yang ekonomis atau murah, Ultra Milk mudah dijangkau oleh konsumen berpenghasilan rendah sampai berpenghasilan tinggi.

2. Aneka Rasa
Ultra Milk yang diproduksi oleh PT. Ultrajaya ini disajikan dengan berbagai rasa, sesuai dengan selera konsumen.

3. Mudah Dibawa
Produk Ultra Milk yang dikemas dalam berbagai ukuran, dari yang otak kecil, sedang, hingga besar, memudahkan konsumen untuk membawanya.

4. Penyajian Kemasan
Pengemasan Ultra Milk dengan perpaduan warna, tulisan dan juga gambar yang unik, cukup mampu mengalihkan perhatian konsumen dari produk lain. Sehingga Ultra Milk mudah diingat oleh konsumen.

2.3.  Faktor Apa Saja Yang Menghambat?
Faktor yang menghambat market share produk Ultra Milk adalah:
1. Selera Konsumen
Seperti yang disebutkan pada faktor yang mempengaruhi, selera konsumen juga menjadi penghambat dalam pemasaran produk Ultra Milk.

2. Produk Lain
Adanya produk lain juga menjadi penghambat dalam pemasaran. Banyaknya produk susu menghambat pencapaian market share Ultra Milk.

3. Kualitas Rasa
Konsumen terkadang mengeluh kualitas rasa dari Ultra Milk. Konsumen mengeluh adanya rasa asam dan sedikit lengket pada Ultra Milk.




III. HASIL LAPORAN DATA MARKET SHARE

Dengan tajamnya persaingan maka setiap perusahaan akan memikirkan banyak strategi untuk memasarkan produknya salah satunya dengan cara kegiatan Promosi. Hal ini juga di gunakan oleh PT. Ultrajaya yang memasarkan produknya dengan biaya Promosi .
PT Ultra Jaya dalam bidang industry makanan dan minuman dimana dalam upaya untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat dengan perusahaan lainya,serta untuk  meningkatkan tingkat penjualan,maka PT Ultra Jaya Tbk  melakukan evaluasi mengenai Biaya Promosi yang dikeluarkan perusahaan. Untuk lebih jelasnya berikut ini di sajikan data biaya promosi pada PT Ultra Jaya Tbk 6 Tahun terakhir tahun 2005 s/d tahun 2010.

TABEL 3.1 Data Tingkat Penjualan dan Market Share Ultra Milk PT. Ultrajaya Tahun 2005 s/d Tahun 2010
Tahun
Tingkat Penjualan
Market Share (%)
2005
712.000.000.000
23,05
2006
835.000.000.000
28,64
2007
1.127.000.000.000
35,09
2008
1.025.000.000.000
33,72
2009
1.614.000.000.000
43,34
2010
1.880.000.000.000
54,38
Sumber: idx.co.id
Berdasarkan pada table 3.1 diatas kita dapat lihat bahwa terjadi peningkatan penjualan dan market share yang cukup signifikan dari tahun 2005 s/d tahun 2010 yang berkisar antara 23,05% hingga 54,38% . Pada PT. Ultrajaya dari tahun 2005 s/d 2010 menunjukan peningkatan tertinggi tingkat penjualan susu Ultrajaya terjadi pada tahun 2010 yang mencapai 54,38% hal ini mungkin dipengaruhi oleh selera masyarakat yang tinggi terhadap susu Ultra Jaya dan susu merupakan salah satu kebutuhan pelengkap 4 sehat 5 sempurna.
Namun pada tahun 2008 terjadi penurunan presentase mencapai 33,72%.  Hal tersebut mungkin dapat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu oleh tingginya persaingan antara perusahaan-perusahaan susu lainnya dan perusahaan yang memproduksi barang yang bersifat substitusif terhadap susu.
Dari tabel 3.1 diperoleh presentase market share  pada tahun 2010 dengan membandingkan dengan produk lain sebagai berikut. 
Tabel 3.2 Produsen Susu Cair Olahan Di Indonesia Dan Kapasitasnya Pada Tahun 2010
Nama Perusahaan
Status
Merek
Kapasitas
(Kilo liter)
Market Share
(%)
PT. Ultra Jaya Milk Industry,Tbk
PMDN
Ultra Milk
100.000
54,38

PT. Nestle Indonesia
PMA
Milo
37.600
20,45
PT. Frisian Flag Indonesia
PMA
Yes!
30.000
16,31
PT. Indomilk
PMDN
Indomilk
6.000
3,26
PT. Greenfields Indonesia
PMDN
Realgood
3.870
2,14
Perusahaan lainnya
-
-
6.411
3,46
Total


183.881
100,00
Sumber : INDOCOMERCIAL, 2010
ket: PMDN: Perusahaan Milik Dalam Negeri

       PMA : Perusahaan Milik Asing

Berdasarkan tabel 3.2 PT Ultrajaya yang merupakan Perusahaaan Milik Dalam Negeri dengan merek produk Ultra Milk memperoleh presentase market share tertinggi pada tahun 2010 sebesar 54,38%. Kemudian menyusul PT. Nestle Indonesia dengan merek produk Milo sebesar 20,45%. Diurutan ketiga ada PT. Frisian Flag Indonesia dengan merek produk Yes! Sebesar 16,31%. Presentase terkecil sebesar 2,14% dicapai oleh PT. Greenfields Indonesia dengan merek produk Realgood.

IV. KESIMPULAN

Dari hasil data laporan diatas, dapat disimpulkan bahwa:

1. Produk Ultra Milk produksi PT. Ultrajaya tingkat market share masih tinggi terbukti dari tabel 3.3 diatas persentase market share  sebesar 54,38%.
2. Penjualan produk Ultra Milk dikalangan konsumen selalu mengalami peningkatan penjualan produk. Walaupun pada tahun 2008 terjadi penurunan, namun pada tahun 2009 dapat meningkat kembali. 
3. Dari data tabel penjualan dan market share dapat disimpulkan juga bahwa Ultra Milk merupakan produk susu cair kemasan siap saji yang paling disukai konsumen dibandingkan dengan produk susu cair lainnya.

M. EKO FITRIANTO. 2001. CONTOH FORMAT LAPORAN PENELITIAN TUGAS RISET PEMASARAN.pdf






Comments