PENGARUH PENJUALAN PRODUK TERHADAP
MARKET SHARE ULTRA
MILK
OLEH:FRETTY INDAHSARI SARAGIH132135831EA11PROGRAM STUDI MANAJEMENFAKULTAS EKONOMIUNIVERSITAS GUNADARMA2013/2014
PRAKATA
Tujuan
utama pembuatan laporan ini yakni sebagai pengambilan nilai tugas dari mata
kuliah Dasar-Dasar Pemasaran dan untuk mempelajari peran dari market share dalam proses pemasaran
produk. Yang mana pada kesempatan ini, objek penelitian yang dipilih adalah
produk Ultra Milk produksi PT. ULTRAJAYA Industry & Trading Company,Tbk.
Yang bergerak dibidang industri minuman dan makanan yang berlokasi di
Padalarang, Jln. Raya Cimareme 131, Kab. Bandung, Indonesia. Untuk daerah populasi penelitian laporan data market
share produk ini yaitu Indonesia.
Alasan
pemilihan produk Ultra Milk ini yaitu karena susu Ultra Milk sudah cukup
dikenal dipasaran dan juga dikalangan konsumen. Susu Ultra Milk yang disajikan dalam
berbagai bentuk kemasan, memiliki berbagai aneka rasa, dan juga kaya akan gizi.
Tidak ada salahnya bila kita mengkonsumsi jenis produk ini. Selain mudah
didapat, susu Ultra Milk ada juga yang dikemas dalam bentuk minuman siap saji.
I.
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
PT.
Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan terbesar di Indonesia yang
menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan dalam kemasan aseptic yang
tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti ULTRAMILK untuk produk susu,
Buavita untuk jus segar dan teh kotak untuk minuman teh segar.
PT.
Ultrajaya berawal dari sebuah perusahaan yang kecil atau home industry yang dibagun pada tahun 1958. Pada saat itu
perusahaan masih menggunakan alat yang seadanya atau masih tradisional, dengan
berjalannnya waktu, perusahaan kecil tersebut berfikir untuk mengembangkan
usaha mereka, kemudian pada tahun 1971 perusahaan ini memasuki tahap
pertumbuhan pesat sejalan dengan perubahannya menjadi PT. Ultrajaya Milk
Industry & Trading Company,Tbk. perusaaan memproduksi produk susu atau
minuman yang diolah dengan metode sterilisasi berteknologi tinggi UHT (Ultra High Temperature) yang selanjutnya
dikemas dalam kemasan karton aseptik yang steril dan pengawasan mutu yang
dilakukan sejak penerimaan bahan baku, selama proses produksi, selama
penyimpanan di gudang, sampai pengiriman barang.
Dengan
adanya tangggapan masyarakat yang positif terhadap produl Ultrajaya ini, maka
pada tahun 1978 perusahaan memproduksi minuman sari buah UHT yaitu Buavita dan
pada tahun 1981 perusahaan mengembangkan lagikeragaman produknya yaitu
mengeluarkan produk teh UHT yaitu Teh Kotak. Perusahaan tidak puas dengan hanya
memproduksi produk-produk minuman saja, untuk ituperusahaan melakukan kerjasama
dengan Kraft General Foods International
Inc., USA, mendirikan perusahaan patungan (join venture) PT Kraft Ultrajaya Indonesia pada tahun 1985 untuk
memproduksi keju dan mentega (Butter).
Selain itu perusahaan memproduksi konsentrat sari buah (Fruit Juice Concentration) pada tahun 1992, kemudian pada tahun 2000 perusahaan mengembangkan lagi
produk-produk susu yang sudah ada yaitu dengan memproduksi susu bubuk yang
bernama MORINAGA. Perusahaan dalam memjalankan usahanya membutuhkan kerjasama
dengan pihak-pihak lain untuk dapat mengembangkan lagi produk-produknya agar
lebih beragam dan diharapkan konsumen dapat menerima produk baru tersebut. Pada
tahun 2003 perusahaan melakukan perjanjian kerjasama dengan AB Foods (Associated British Foods &
Beverages), Philipina, untuk memproduksi susu cair dan susu kental manis
dengan merek OVALTINE sebagai perwujudan dari tujuan perusahaan yang ingin
mengembangkan usahanya. (www.ultrajaya.co.id)
1.2 JENIS-JENIS
PRODUK SUSU SEGAR PT. ULTRAJAYA
PT. Ultrajaya
memproduksi susu-susu segar dan bergizi tinggi dalam berbagai bentuk tampilan
dan aneka rasa yang berbeda. Berikut produk-produk susu segar PT. Ultra jaya:
- Ultra Milk Full Cream
Keunggulan
produk ini sangat cocok untuk diminum sehari-hari. Selain itu, biasa dijadikan
bahan baku untuk memasak serta membuat kue. Produk ini juga direkomendasikan
untuk diminum anak-anak diatas satu tahun. Ultra
Milk Full cream mengandung berbagai kebaikan protein, vitamin dan mineral. Tersedia
dalam bentuk susu segar maupun yang sudah dikemas dan memiliki umur penyimpanan
lebih lama. Pastikan selalu mendapat manfaat baik susu dengan mengkonsumsi
Ultra Milk Full Cream. Tersedia dalam 3 ukuran : 1000 ml, 250 ml, dan 200 ml
- Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium
Keunggulan
produk ini juga baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Ini cocok baik untuk dewasa
maupun dewasa awal, khususnya yang memikirkan kesehatan jangka panjang mereka. Kalsium susu yang terkandung
didalamnya, berasal dari susu segar alami kami, lebih cepat diserap oleh tubuh
dibandingkan produk lainnya. Ayo mulailah berinvestasi kesehatan bagi tubuh
anda, dengan mengkonsumsi susu Ultra Low Fat High Calcium.
Karena
selain kalsium susu, produk ini juga mengandung 9 nutrisi penting bagi tubuh.
Departemen Pertanian U.S ( USDA ) menyebutkan "9 nutrisi penting bagi
tubuh ini" adalah makanan baik bagi tubuh untuk menjalankan fungsinya
secara baik. Nutrisi ini terkandung dalam susu cair segar, dimana tubuh tidak
memproduksi sebanyak kebutuhan sehari-harinya. Tersedia dalam 4 kemasan karton
: 1000ml, 250 ml, 200 ml, dan 125 ml Juga tersedia dalam 2 rasa : Plain dan
coklat.
- Ultra Milk Varian Rasa
Produk ini cocok
untuk dikonsumsi sehari-hari dan juga diminum sehabis beraktivitas atau
berolahraga untuk memenuhi kembali cairan tubuh dan membantu pembentukan tubuh.
Produk ini baik untuk diminum anak-anak berumur 1 tahun ke atas, apalagi
ditambah varian rasa dari bahan alami yang mengandung banyak nutrisi alami yang
dibutuhkan tubuh, terutama bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan.
Tak
ketinggalan, Ultra Milk Rasa ini juga mengandung karbohidrat dan protein untuk
membantu pembentukan ototmu dan membuatmu lebih bersemangat. Tersedia dalam 4
ukuran kemasan dan 3 rasa : Coklat : 1000ml,
250ml, 200ml, 125ml, Strawberry :
250ml, 200ml, 125ml, Mocca : 250ml,
200ml
- Ultra Mimi
Keungulan produk
ini cocok diminum sehari-hari,
terutama bagi anak-anak yang masih dalam pertumbuhan. Produk ini sangat baik
bagi anak-anak umur 2 tahun keatas.
Tersedia dalam 4
rasa : Full Cream, Coklat, Strawberry, dan Vanila dalam ukuran 125 ml.
- Susu Sehat
Keungulan produk
susu sehat terbuat dari susu cair segar berkualitas tinggi yang mengandung
kebaikan beberapa nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan berbagai
mineral yaitu kalsium, magnesium, dan fosfor. Untuk rasa pada susu sehat,
terbuat dari campuran susu cair segar dengan gula dan bahan-bahan alami seperti
bubuk coklat dan perasan buah strawberry. Membuat susu sehat, minuman susu
lengkap dengan kelengkapan gizi dan kelezatan rasa. Produk ini diproduksi dan
dibuat khusus untuk institusi tertentu seperti sekolah dan atau pabrik. Cocok
untuk diminum sehari-hari baik bagi anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Tersedia dalam 3
rasa : Full Cream, Cokelat, dan Strawberry
II.
FAKTOR-FAKTOR
Dalam memasarkan
produk-produk kepada masyarakat, Produk Ultra Milk memiliki berberapa fsktor
yang mempengaruhi pangsa pasarnya yakni sebagai berikut:
2.1. Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi?
Faktor yang
mempengaruhi market share Ultra Milk adalah:
1. Lokasi Pemasaran
1. Lokasi Pemasaran
Lokasi
pemasaran produk yang sulit dijangkau konsumen, akan sulit menggapaimarket
share yang tinggi. Sedangkan semakin mudah dijangkau (perkotaan, lingkungan
kampus, perumahan) mempermudah pemasaran
produk Ultra Milk.
2. Selera Konsumen
2. Selera Konsumen
Selera
konsumen yang berbeda beda, juga mempengaruhi market sharenya. Perusahaan harus
selalu kreatif dan peka terhadap selera konsumen.
3. Pengiriman Produk
3. Pengiriman Produk
Ketika
pengiriman produk ke lokasi pemasaran, seringkali terjadi kerusakan pada
kemasan produk. Ketika dipasarkan pun terkadang kemasan yang sudah rusak masih
ditampilkan. Perusahaan pun harus memperhatikan hal ini, karena faktor ini juga
mempengaruhi dalam pencapaian market share Ultra Milk.
4. Produk lain
4. Produk lain
Diera
modern sekarang persaingan perusahaan dalam menciptakan produk-produk sudah
semakin berkembang. Sehingga produk Ultra Milk harus selalu bersaing dengan
produk lain dengan selalu memberikan tampilan yang terbaik, dan kualitas yang
baik pula.
5. Pengaruh Luar
5. Pengaruh Luar
Yang
dimaksud dengan pengaruh luar adalah peletakan produk yang salah. Seperti
terkena sinar matahari terlalu lama, masuknya bakteri dari udara, benturan
ketika pengiriman sehingga mengakibatkan kerusakan pada kualitas produk.
2.2. Faktor Apa Saja Yang Mendukung?
Faktor pendukung
dalam market share Ultra Milk adalah:
1. Harga yang ekonomis
1. Harga yang ekonomis
Dengan
harga yang ekonomis atau murah, Ultra Milk mudah dijangkau oleh konsumen
berpenghasilan rendah sampai berpenghasilan tinggi.
2. Aneka Rasa
2. Aneka Rasa
Ultra
Milk yang diproduksi oleh PT. Ultrajaya ini disajikan dengan berbagai rasa,
sesuai dengan selera konsumen.
3. Mudah Dibawa
3. Mudah Dibawa
Produk
Ultra Milk yang dikemas dalam berbagai ukuran, dari yang otak kecil, sedang,
hingga besar, memudahkan konsumen untuk membawanya.
4. Penyajian Kemasan
4. Penyajian Kemasan
Pengemasan
Ultra Milk dengan perpaduan warna, tulisan dan juga gambar yang unik, cukup
mampu mengalihkan perhatian konsumen dari produk lain. Sehingga Ultra Milk
mudah diingat oleh konsumen.
2.3. Faktor Apa Saja Yang Menghambat?
Faktor yang
menghambat market share produk Ultra Milk adalah:
1. Selera Konsumen
1. Selera Konsumen
Seperti
yang disebutkan pada faktor yang mempengaruhi, selera konsumen juga menjadi
penghambat dalam pemasaran produk Ultra Milk.
2. Produk Lain
2. Produk Lain
Adanya
produk lain juga menjadi penghambat dalam pemasaran. Banyaknya produk susu
menghambat pencapaian market share Ultra Milk.
3. Kualitas Rasa
3. Kualitas Rasa
Konsumen
terkadang mengeluh kualitas rasa dari Ultra Milk. Konsumen mengeluh adanya rasa
asam dan sedikit lengket pada Ultra Milk.
III.
HASIL LAPORAN DATA MARKET SHARE
Dengan tajamnya
persaingan maka setiap perusahaan akan memikirkan banyak strategi untuk
memasarkan produknya salah satunya dengan cara kegiatan Promosi. Hal ini juga
di gunakan oleh PT. Ultrajaya yang memasarkan produknya dengan biaya Promosi .
PT Ultra Jaya dalam
bidang industry makanan dan minuman dimana dalam upaya untuk mengantisipasi
persaingan yang semakin ketat dengan perusahaan lainya,serta untuk meningkatkan tingkat penjualan,maka PT Ultra
Jaya Tbk melakukan evaluasi mengenai
Biaya Promosi yang dikeluarkan perusahaan. Untuk lebih jelasnya berikut ini di
sajikan data biaya promosi pada PT Ultra Jaya Tbk 6 Tahun terakhir tahun 2005
s/d tahun 2010.
TABEL 3.1 Data Tingkat Penjualan dan Market Share
Ultra Milk PT. Ultrajaya Tahun 2005 s/d Tahun 2010
Tahun
|
Tingkat Penjualan
|
Market Share (%)
|
2005
|
712.000.000.000
|
23,05
|
2006
|
835.000.000.000
|
28,64
|
2007
|
1.127.000.000.000
|
35,09
|
2008
|
1.025.000.000.000
|
33,72
|
2009
|
1.614.000.000.000
|
43,34
|
2010
|
1.880.000.000.000
|
54,38
|
Berdasarkan
pada table 3.1 diatas kita dapat lihat bahwa terjadi peningkatan
penjualan dan market share yang cukup signifikan dari tahun 2005 s/d tahun 2010
yang berkisar antara 23,05% hingga 54,38% . Pada PT. Ultrajaya dari tahun 2005
s/d 2010 menunjukan peningkatan tertinggi tingkat penjualan susu Ultrajaya
terjadi pada tahun 2010 yang mencapai 54,38% hal ini mungkin dipengaruhi oleh
selera masyarakat yang tinggi terhadap susu Ultra Jaya dan susu merupakan salah
satu kebutuhan pelengkap 4 sehat 5 sempurna.
Namun
pada tahun 2008 terjadi penurunan presentase mencapai 33,72%. Hal tersebut mungkin dapat dipengaruhi oleh
banyak faktor salah satunya yaitu oleh tingginya persaingan antara
perusahaan-perusahaan susu lainnya dan perusahaan yang memproduksi barang yang
bersifat substitusif terhadap susu.
Dari
tabel 3.1 diperoleh presentase market share
pada tahun 2010 dengan membandingkan dengan produk lain sebagai
berikut.
Tabel 3.2 Produsen Susu Cair Olahan Di Indonesia Dan
Kapasitasnya Pada Tahun 2010
Nama Perusahaan
|
Status
|
Merek
|
Kapasitas
(Kilo liter)
|
Market Share
(%)
|
PT. Ultra Jaya
Milk Industry,Tbk
|
PMDN
|
Ultra Milk
|
100.000
|
54,38
|
PT. Nestle
Indonesia
|
PMA
|
Milo
|
37.600
|
20,45
|
PT. Frisian
Flag Indonesia
|
PMA
|
Yes!
|
30.000
|
16,31
|
PT. Indomilk
|
PMDN
|
Indomilk
|
6.000
|
3,26
|
PT. Greenfields
Indonesia
|
PMDN
|
Realgood
|
3.870
|
2,14
|
Perusahaan
lainnya
|
-
|
-
|
6.411
|
3,46
|
Total
|
183.881
|
100,00
|
Sumber : INDOCOMERCIAL, 2010
ket: PMDN: Perusahaan Milik Dalam Negeri
PMA : Perusahaan Milik Asing
ket: PMDN: Perusahaan Milik Dalam Negeri
PMA : Perusahaan Milik Asing
Berdasarkan
tabel 3.2 PT Ultrajaya yang merupakan Perusahaaan Milik Dalam Negeri dengan
merek produk Ultra Milk memperoleh presentase market share tertinggi pada tahun
2010 sebesar 54,38%. Kemudian menyusul PT. Nestle Indonesia dengan merek produk
Milo sebesar 20,45%. Diurutan ketiga ada PT. Frisian Flag Indonesia dengan
merek produk Yes! Sebesar 16,31%. Presentase terkecil sebesar 2,14% dicapai
oleh PT. Greenfields Indonesia dengan merek produk Realgood.
IV. KESIMPULAN
Dari hasil data
laporan diatas, dapat disimpulkan bahwa:
1. Produk Ultra
Milk produksi PT. Ultrajaya tingkat market share masih tinggi terbukti dari
tabel 3.3 diatas persentase market share
sebesar 54,38%.
2. Penjualan
produk Ultra Milk dikalangan konsumen selalu mengalami peningkatan penjualan
produk. Walaupun pada tahun 2008 terjadi penurunan, namun pada tahun 2009 dapat
meningkat kembali.
3. Dari data
tabel penjualan dan market share dapat disimpulkan juga bahwa Ultra Milk
merupakan produk susu cair kemasan siap saji yang paling disukai konsumen
dibandingkan dengan produk susu cair lainnya.
M. EKO FITRIANTO.
2001. CONTOH FORMAT LAPORAN PENELITIAN TUGAS RISET PEMASARAN.pdf
Comments
Post a Comment