Manusia dan Cinta Kasih


  • Pengertian Cinta Kasih
    Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S. Purwodarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau rasa sayang (kepada), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian, arti cinta dan kasih itu hampir sama sehingga kata kasih dapat dikatakan lebih memperkuat rasa cinta. Oleh karena itu, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Secara sederhana cinta kasih adalah perasaan kasih sayang yang dibarengi unsur terikatan, keintiman dan kemesraan (cinta ideal/segitiga cinta) di sertai dengan belas kasihan, pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab. Tanggung jawab yang diartikan akibat yang baik, positif, berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan dan kebahagiaan.

    Cinta Menurut Ajaran Agama
    Cinta menurut ajaran agama diklarifikasikan dalam beberapa jenis:
    ·         Cinta Terhadap Tuhan
    Merupakan puncak cinta manusia, yang paling jernih, spiritual dan yang dapat memberikan tingkat perasaan kasih sayang yang luhur, khususnya perasaan simpatik dan sosial. Cinta yang ikhlas seorang manusia kepada Tuhan akan membuat cinta menjadi kekuatan pendorong yang mengarahkannya dalam kehidupan dan menundukkan semua bentuk cinta yang lain.
    ·         Cinta Diri Sendiri
    Secara alami manusia mencintai dirinya sendiri (self love) dan banyak orang yang menafsirkan cinta diri sendiri diidentikan dengan egoistis. Jika demikian cinta diri sendiri ini bernilai negatif. Namun apabila diartikan bahwa cinta diri sendiri adalah mengurus dirinya sendiri, sehingga kebutuhan jamsmani dan rohaninya terpenuhi seimbang  ini bernilai positif. Dengan demikian cinta terhadap dirinya tidak harus dihilangkan tetapi harus berimbang dengan cinta kepada orang lain untuk berbuat baik.
    ·         Cinta Sesama Manusia/Persaudaraan
    Cinta kepada sesama manusia atau persaudaraan itu merupakan watak manusia itu sendiri dan diwujudkan dalam tingkah laku atau perbuatannya kepada sesama manusia. Perbuatan dan perlakuan yang baik kepada sesama manusia bukan berarti karena seseorang itu membela, menyetujui, mendukung dan berguna, bagi dirinya, melainkan datang dari hati nuraninya yang ikhlas disertai tujuan yang mulia. Padasarnya manusia tidak dapat hidup sendirian (manusia sebagai makhluk sosial) dan sudah merupakan suatu kewajiban.

    Kasih Sayang
    Kasih sayang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah perasaan suka/cinta terhadap sesuatu.Kasih sayang adalah suatu sikap saling menghormati dan mengasihi semua ciptaan Tuhan baik mahluk hidup maupun benda mati dan berlandaskan pada hati nurani yang luhur.Contoh yang paling sederhananya adalah kasih sayang orang tua terhadap anaknya. Seberapa besar pengorbanan, pengabdian dan kasih sayang anak terhadap orang tuanya, tidak akan mampu mengalahkan kasih sayang orang tua terhadap anaknya. Orang tua merawat kita dari kita masih ada di rahim sampai kita dewasa, berpuluh-puluh tahun orang tua kita merawat kita dengan penuh kasih sayang tanpa mengharapkan imbalan sedikitpun. Itulah bentuk kasih sayang yang sebenarnya, tulus tanpa pamrih.

    Kemesraan
    Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan merupakan perwujudan dari cinta. Kemesraan dapat memacu dan menimbulkan daya kreativitas manusia. Kemesraan juga dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan bakatnya.

    Pemujaan
    Pemujaan berasal dari kata puja yang berarti penghormatan atau tempat memuja kepada dewa – dewa atau berhala. Dalam perkembangannya kemudian pujaan ditujukan kepada orang yang dicintai, pahlawan dan Tuhan Yang Maha Esa. Pemujaan kepada Tuhan adalah perwujudan cinta manusia kepada Tuhan, karena merupakan inti, nilai dan makna dari kehidupan yang sebenarnya. Cara pemujaan dalam kehidupan manusia terdapat berbagai perbedaan sesuai dengan ajaran agama, kepercayaan, kondisi dan situasi. Tempat pemujaan merupakan tempat komunikasi manusia dengan Tuhan.

    Belas Kasihan
    Belas kasih adalah kebajikan dimana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dari humanisme dasar ke tingkat yang tertinggi dalam prinsi-prinsip filsafat, masyarakat dan kepribadian. Empati adalah keadaan mental yg membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.Sedangkan simpati adalah keikutsertaan merasakan perasaan (senang, susah, sedih, bangga, dll) orang lain atau kelompok lain.Rasa belas kasih dapat tumbuh dan dapat kita asah ketika kita melihat dan merasakan realita kehidupan yang dirasakan oleh para gelandangan, pengemis dan orang cacat, mereka setiap hari berjuang untuk menghidupi dirinya dan keluarganya dengan keterbatasan yang mereka miliki.

    Cinta Kasih Erotis
    Adalah cinta kasih yang erat dorongannya dengan dorongan seksual (sifat membirahikan). Ini merupakan sifat eksklusif (khusus) yang bisa memperdayakan cinta yang sebenarnya. Hal itu dikarenakan cinta dan nafsu tersebut letaknya tidak berbeda jauh. Disisi lain cinta kasih erotis jika didasari dengan cinta ideal, kasih sayang dan keserasian maka akan berfungsi dalam melestarikan keturunan dalam ikatan yang sah yaitu pernikahan. Sebaliknya jika tidak didasari kasih sayang yaitu nafsu yang membutakan akal pikiran sehingga yang ada hanya nafsu birahi didalamnya akan timbul rasa ketidak puasan, bisa berakhir dengan sebuah perceraian bahkan akan mungkin timbul juga perselingkuhan atau ke tempat pelacuran yang didalamnya tidak mungkin akan timbul rasa kasih sayang karena yang ada hanya nafsu birahi berhubungan badan saja, dengan uang sebagai bayarannya.

Studentsite Gunadarma

Comments