Manusia dan Keindahan


  • 1. Keindahan
    Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, meskipun tidak semua hasil seni indah, pemandangan alam, manusia, rumah, suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.

    Keindahan yang seluas-luasnya
    The Liang Gie menjelaskan bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan. Dan pengertian yang seluas-luasnya meliputi:
    ·         Keindahan seni
    ·         Keindahan alam
    ·         Keindahan moral
    ·         Keindahan intelektual

    Nilai Estetik
    Nilai Estetik adalah Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan.

    Perbedaan Nilai Ekstrinsik dan Nilai Intrinsik
    Nilai Ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnyayakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu contohnya puisi, bentuk puisi yang terdiri dari bahasa, diksi, baris, sajak, irama, itu disebut nilai ekstrinsik.
    Nilai Intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri. Contohnya : pesan puisi yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui (alat benda) puisi itu disebut nilai intrinsik.

    2. Renungan
    Renungan berasal dari kata renung. Merenung artinya dengan diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu secara mendalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam proses jiwa seniman pada waktu merenung dalam rangka menciptakan seni, untuk mengatasi rasa ragu-ragu atau takut yang meledakkan sebuah imajinasi, dan imajinasi ini membentuk keindahan.
    Renungan atau  pemikiran berhubungan dengan keindahan didasarkan atas 3 macam teori yaitu:
    ·         Teori Metafisika          : plato mendalilkan adanya dunia ide pada taraf yang tertinggi, sebagai realita illahi.
    ·         Teori Pengungkapan    : Menurut Benedelto Croce, seni adalah pengungkapan kesan-kesan yang dimiliki seseorang.
    ·         Teori Psikolgis             : Dinyatakan bahwa proses penciptaan seni adalah pemenuhan keinginan bawah sadar dari seorang seniman.

    3. keserasian
    Keserasian berasal dari kata serasi. Serasi dari kata dasar rasi artinya cocok, sesuai atau kena benar. Kata cocok , sesuai atau kena mengandung unsur pengertian perpaduan, pertentangan,  ukuran , dan seimbangan.
    Sebagian besar ahli pikir, menjelaskan bahwa keindahan pada dasarnya adalah sejumlah kualita/pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal. Kualitas yang paling sering disebut adalah kesatuan, keselarasan, keseimbanagn dan pertentangan. Keserasian identik dengan keindahan . Sesuatu yang serasi tentu tampak indah dan yang tidak serasi tidak indah dilihat.
    Dalam seni ada 6 azas:
    ü  kesatuan total
    ü  tema
    ü  tema variasi
    ü  keseimbangan
    ü  perkembangan
    ü  tata jenjang

    Keserasian tidak ada hubungannya dengan kemewahan. Kadang-kadang kemewahan dapat menunjang keserasian tetapi tidak selalu seperti itu. Sebab keserasian merupakan perpaduan antara warna, bentuk dan ukuran atau keserasian merupakan pertentangan antara nada-nada tinggi rendah , keras lembut, dan panjang pendek.

Studentsite Gunadarma

Comments