KOPERASI SEJAHTERA BERSAMA PAJAJARAN



Kemarin, 24 Januari 2015, saya berkunjung salah satu Kantor Cabang Koperasi Sejahtera Bersama di Jalan Pajajaran No. 1 Bogor, Jawa Barat. Cara menuju ke Koperasi ini sangatlah mudah. Bila berpatokan dari Stasiun Bogor, maka kita hanya menaiki angkot 03. Setelah melewati Taman Kencana, maka angkot tersebut akan berbelok arah ke Kanan melewati lampu lalulintas yaitu menuju Jalan Pajajaran. Tak jauh dari itu, maka kita akan menemukan Kantor Koperasi Sejahtera Bersama Pajajaran.






                                foto saya ketika berkunjung ke Koperasi Sejahtera Bersama Pajajaran

Ketika berkunjung ke Koperasi tersebut, saya dan kedua teman saya melakukan perbincangan dengan salah seorang petugas disana, sekedar bertanya sejarah atau latar belakang Kopersi Sejahtera Bersama tersebut.
Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) adalah koperasi yang bergerak dalam berbagai bidang usaha antara lain Usaha Simpan Pinjam dan Usaha Perdagangan yang didirikan pada bulan Januari Tahun 2004. Koperasi Sejahtera Bersama ingin berperan secara aktif dalam upaya membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya. Setiap Unit Usaha Koperasi Sejahtera Bersama dikelola oleh para expertise yang telah memiliki pengalaman di bidangnya, sehingga Unit Usaha Koperasi Sejahtera Bersama bukan hanya mampu tumbuh dan berkembang serta menghasilkan keuntungan, tetapi juga mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat.
Dimana awal berdirinya Koperasi Sejahtera Bersama ini pada tanggal 05 Januari 2004 dengan nama Koperasi Serba Usaha Sejahtera Bersama (KSU-SB) yang bergerak dalam berbagai macam usaha. Seiring perkembangan dunia perkoperasian di Indonesia dan berdasarkan tututan UU Nomor 17 tahun 2012 tentang Perkoperasian maka KSU-SB bertransformasi menjadi KSP-SB berdasarkan akta notaris No. 1 tanggal 01 November 2013 yang dibuat oleh notaris Mila Gemilang, SH.

KSP-SB memiliki 54 kantor cabang yang tersebar di 32 kabupaten/Kota dan 6 provinsi (untuk region wilayah Bogor : Pajajaran Bogor, Cibinong Bogor, Wangun Bogor, Margonda Depok, Sudirman Sukabumi, Pangeran Cianjur) dan telah memiliki 4 anak perusahaan yaitu:
·         PT. Sejahtera Bersama Ritel Indonesia
·         PT. Cipta Ekatama Nusantara
·         PT. Sejahtera Bersama Energi
·         PT. Sejahtera Bersama Teknologi
Koperasi ini juga telah pemperoleh penghargaan atas prestasinya:
  • The Winner Of Indonesian Micro Finance Award 2011
  • The Best 10 Cooperatives From The Largest Hundred Indonesia Cooperatives 2012
  • The 1st Winner Of Koperasi Serba Usaha (KSU) in Indonesia 2012
Adapun Visi dari koperasi ini adalah berperan aktif menciptakan masyarakat sejahtera dan Misinya adalah:
1.      Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
2.      Berperan secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.
3.      Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai sokogurunya.
4.      Menjadi salah satu koperasi terbaik dan terbesar di Indonesia.
Koperasi Sejahtera Bersama ini menerima fasilitas simpanan atau biasa mereka sebut produk simpanan seperti berikut:
1.      Tabungan Koin Sejahtera
Tabungan Harian Koperasi Indonesia adalah tabungan para Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama dalam bentuk tabungan harian yang tidak dibatasi peyetoran dan penarikannya.
2.      Tabungan Pendidikan Sejahtera
Adalah tabungan para Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama yang dirancang khusus untuk membantu anggotanya mempersiapkan dan mewujudkan kepastian ketersediaan dana pendidikan anak.
3.      Trasfer KSP-SB
Adalah layanan transfer dana ke seluruh Bank di Indonesia dengan menggunakan layanan Cash Management  Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama.
4.      Tabungan Rencana Sejahtera
Adalah tabungan yang dirancang khusus untuk membantu anggota Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama mempersiapkan dan mewujudkan impian masa depan secara lebih pasti seperti kebutuhan keuangan untuk pension, perjalanan ibadah, wisata, pernikahan, dan lain-lain.
Sedangkan untuk produk Pinjaman yaitu:
1.      Pinjaman Komersial
2.      Pinjaman Konsumtif
3.      Pinjaman Konsumtif PNS
4.      Pinjaman Ekspress
5.      Pinjaman Kelompok SB
6.      Pinjaman Mikro
7.      Pinjaman Multiguna
8.      Pinjaman Pendidikan Sejahtera
9.      Pinjaman Rekening
Pembina Koperasi ini adalah Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republin Indonesia untuk kantor pusat dan dinas koperasi setempat untuk kantor cabang.
Untuk pengawasan dilakukan oleh Tedi Setiadi, ST. dan Ina Aprilia
Adapun susunan pengurus dari Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama ini adalah sebagai berikut:
Ketua              : Iwan Setiawan
Wakil Ketua    : Dang Zeany K.
Sekretaris        : Ir. Dasep Surahman
Bendahara       : Vini Noviani, SS., SH.
Direktur Operasional : Ir. Warman
Demikian sekilas info tentang Koperasi Sejahtera Bersama yang bias saya bagi buat teman-teman sekalian. Bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang Koperasi Sejahtera Bersama ini, bisa datang ke kantornya langsung di Jalan Pajajaran No. 1 Bogor 16151 Jawa Barat Telp. (0251)7560450 (Hunting), (0251)7560451-55, Fax. (0251)8331226 atau melalui websitenya di www.ksusb.co.id
Semoga info ini dapat bermanfaat buat teman-teman semua.
Terima Kasih

Studensite Gunadarma

Comments