AKU ADALAH AKU


Didalam diri setiap manusia tercipta karakter, ciri atau jati diri yang berbeda satu dengan yang lain. Bahkan dalam hubungan sedarahpun memiliki karakter yang berbeda. Antara kakak dan adik, walaupun sedarah, pasti ada yang membedakan mereka. Bila si kakak orang yang tempramen, mungkin si adik karakternya lebih tenang dan rasional.

Didalam setiap karakter/ciri setiap manusia, ada yang positif dan ada yang negatif. Karakter yang positif akan membawa manusia itu ke jalan yang lebih baik (baik dalam pergaulan, pekerjaan, dan kesehariannya). Namun, didalam diri manusia itu juga ada karakter negatif, yang mana karakter negatif ini akan membuat manusia menjadi tampak lemah.




Untuk mengatasi karakter yang negatif ini adalah dengan menumbuhkan lebih lagi karakter positifnya. Bisa dikatakan karakter positif yang lebih dominan akan menutupi karakter negatif.
Namun tak jarang manusia akan lebih memilih untuk menghindar atau beralih. “aku ingin menjadi orang lain”. Sering kali seseorang yang menganggap dirinya kurang baik, bahkan tidak pantas, menginginkan menjadi seperti orang lain. Karena karakter negatifnya yang tidak bisa ditutupi, manusia itu akan lebih berharap menjadi pribadi lain yang memiliki karakter yang lebih baik darinya. Misalnya menjadi orang yang kaya, wanita yang cantik dan anggun, pria yang berwibawa, dan lain sebagainya yang dinilai bisa lebih menunjukkan dirinya.

Tapi kita sebagai ciptaan Tuhan, harus sadar dan tahu ketika kita berpikir dan melakukan yang dilakukan orang lain, bertindak seperti yang dilakukan orang lain, kita secara berlahan-lahan akan menjadi pribadi yang lain. Syukur-syukur bila menjadi pribadi yang berkarakter lebih baik lagi. Tapi jika tidak? Apa yang akan terjadi? Kita akan kehidupan kita yang berharga.
Jadi jangan selalu berpikir, menjadi orang lain itu lebih baik. Menjadi diri sendiri jauh lebih baik. Walaupun ada karakter negatif kita harus bisa menutupinya dengan karakter positif kita. Katakan pada diri kita sendiri, “aku adalah aku” bukan “aku ingin menjadi...”

Ok, semoga motivasi kali ini bermanfaat.
Dan akhir kata, Terima Kasih...

Comments