Got A Thing But Don’t Know How To Handle It

Hai… selamat malam semuanya. Lama tak perjumpa.

Kali ini saya akan berbagi film yang memberi banyak motivasi bagi saya. Dan berharap juga dari review ini, kalian juga tertarik untuk menontonnya dan termotivasi.
     Judul dari film movie yang akan saya review adalah “SING”. Film bertema animasi dari tokoh-tokoh hewan yang digarab oleh Garth Jennings sebagai sutradara sekaligus sebagai penulis cerita. Film ini tanyang pada tanggal 21 Desember 2016, tahun silam. Film ini menjadi salah satu film animasi yang paling ditunggu-tunggu pada saat itu.

    Ceritanya dimulai dari si koala yang bernama Buster Moon (Matthew McConaughey sebagai pengisi suara) yang jatuh cinta pada teater. Hingga ketika dewasa, ayah Moon membelikan sebuah gedung teater tua untuknya. Dimulailah dia mengelola teater tersebut. Moon memiliki semangat yang tinggi dan penuh percaya diri. Tidak peduli apa yang orang katakan tentang dirinya yang keras kepala, Moon tetap berusaha memberikan yang terbaik. Tapi sayang semuanya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Moon terlibat banyak utang di bank dan juga para kru panggung sudah mengeluh karena tidak mendapat gaji mereka. Setiap pihak bank dan mantan kru panggungnya datang untuk menagih pertanggung jawaban, Moon akan lari dari kantornya melalui jalan rahasia yang hanya diketahui oleh Moon dan nona Crawly – asistennya.
      Moon memiliki rencana untuk merekrut anggota baru untuk teaternya. Sehingga Moon menyuruh nona Crawly untuk membuat selebaran untuk Kompetisi Menyanyi dengan hadiah 1000 dollar. Tapi nona Crawly melakukan kesalahan dengan mengetik jumlah hadiahnya menjadi 100.000 dollar. Tanpa melakukan pengecheck-an ulang, nona Crawly langsung meng-klik tombol cetak.
     Ketika selebaran sudah tercetak, nona Crawly berniat untuk membawa tumpukan hasil cetakannya pada Moon. Tapi lagi-lagi nona Crawly membuat kekacauan. Ketika membawa ingin membawa tumbukan selebaran yang menjulang tinggi melebihi ukuran tubuhnya, nona Crawly lewat dari depan kipas angin yang sedang berputar sangat kencang. Akibatnya seluruh selebaran itu berterbangan, keluar dari jendela ruang kerja nona Crawly. Moon yang kebetulan ingin melihat hasil kerja nona Crawly terkejut dengan selebaran yang sudah tersebar dengan sendirinya.
     Keesokan harinya dimulailah audisi untuk seluruh peserta yang ternyata sangat banyak yang sangat berminat untuk mengikuti audisi karena hadiahnya yang sangat besar – 100.000 dollar. Berbagai peserta menunjukkan bakat menyanyi, menari dan bermain musiknya diatas panggung audisi. Moon dan nona Crowly menilai seluruh peserta dengan sangat teliti. Tokoh yang tersorot dari audisi tersebut adalah Jonny si kingkong dengan suara merdunya (Taron Egerton sebagai pengisi suara).
        Jonny lolos dalam audisi. Tapi dibalik itu sebenarnya Jonny adalah anak seorang perampok yang sedang menjadi buronan polisi. Jonny merahasiakan identitasnya ketika mulai mengikuti pelatihan diteater Moon. Termasuk merahasiakan juga dari ayahnya bahwa dia mengikuti sebuah audisi menyanyi dan lolos.
    Lalu ada Mike, si tikus putih sombong dan mata duitan juga lolos dalam audisi dengan penampilan apiknya dengan aliran jazz-nya.
     Mike (Seth Macfarlane sebagai pengisi suara) mengikuti audisi dengan tujuan hanya satu, yaitu memenangkan hadiah 100.000 dollar tersebut. Hingga suatu ketika dia tertarik dengan tikus betina yang suka pergi ke sebuah club malam. Mike masuk ke dalam club dan melakukan sebuah perjudian. Mike menang dengan berbuat curang dan kecurangannya tersebut diketahui oleh lawannya yang sekelompok beruang besar dan kejam. Untungnya Mike dapat melarikan diri dari kelompok beruang itu bersama kekasihnya.
     Kemudian ada Ash (Scarlett Johansson sebagi pengisi suara) si landak roker yang tampil bersama kekasihnya. Sayangnya Moon hanya memilik Ash saja tidak dengan kekasihnya. Karena lolos seorang diri kekasih Ash selalu mengolok-oloknya dan selalu meremehkan Ash. Hingga suatu ketika sepulang latihan dari teater Ash menemukan kekasihnya dengan gadis lain sedang duet dirumahnya. Ash sangat marah pada mereka dan mengusir mereka dengan paksa. Ash patah hati pada saat itu. Karena patah hati tersebut Ash menuangkan isi hatinya dengan menciptakan lagunya sendiri.
     Lalu ada si ibu rumah tangga yang cerdas bernama Rosita (Reese Witherspoon sebagai pengisi suara). Rosita memiliki bakat menyanyi yang harus dipendamnya karena dia seorang ibu yang harus menjaga ke 25 anaknya yang masih sangat kecil dan hyperaktif ditambah suaminya – Norman, yang selalu sibuk dengan pekerjaan kantornya. Dengan adanya kompetisi menyanyi ini membuat Rosita dapat menunjukkan bakatnya. Walaupun lolos audisi, Moon menganggap Rosita terlalu monoton dan kaku ketika menyanyi, jadilah Moon meloloskan Gunter si pria elastis dan suka menari sebagai partner Rosita dipanggung.
     Yang terakhir ada Meena (Tori Kelly sebagai pengisi suara). Si gajah yang satu ini memiliki suara yang sangat bagus. Seluruh keluarganya terkhusus kakeknya berharap Meena bisa masuk ke dalam sebuah paduan suara, atau band atau apapun yang dapat menunjukkan bakat cucunya tersebut. Tapi sayang dalam audisi, Meena tidak lolos karena Meena tidak bisa menunjukkan bakatnya karena terlalu tegang dan grogi. Kakeknya sangat marah mengetahui lagi-lagi cucunya itu gagal karena masalah yang sama, demam panggung. Kakeknya menyuruh Meena untuk menemui Moon lagi, dan menunjukkan bakat menyanyinya lagi. Akhirnya Meena datang menemui Moon lagi sambil membawa kue buatannya sendiri. Meena bertemu dengan Moon yang sedang berusaha mencuri listrik dari bangunan sebelah teaternya. Karena tubuh Moon yang mungil, Moon meminta Meena untuk membantunya naik keatas bangunan sebelah. Setelah itu Meena menjadi ikut bergabung dalam grup teater Moon tapi bukan sebagai peserta, tapi Sebagi kru panggung yang mengatur musik, pencahayaan, tata panggung dan sebaginya. Meena hanya sebagai pembantu dibelakang layar. Moon yang baru mengetahui bahwa jumlah hadiah yang tercetak diselebaran jauh dari apa yang dia punya membuat Moon harus memutar otak agar bisa mendapatkan dana.

     Singkat cerita Moon menyiapkan sebuah penampilan khusus untuk untuk Nana (nenek Eddie - sahabatnya), agar Nana mau menjadi sponsor untuk Moon. Dengan berbagai persiapan Moon lakukan untuk membuat panggung teaternya terlihat luar biasa indah. Moon merancang lantai dan dinding panggung terbuat dari kaca. Dibawah dan dibalik dinding terdapat akuarium yang menampung banyak air, dan dihuni cumi-cumi dengan berbagai warna.
     Ketika pertunjukan berlangsung, Nana memang sangat terkesan dengan hasil kerja Moon. Dia sangat menyukainya. Tapi ditengah-tengah penampilan, tiba-tiba para kumpulan beruang yang mengejar Mike datang dan menuntut Mike untuk mengembalikan uang mereka. Mike yang ketakutan pun mengatakan hadiah dari kompetisi itu akan diberikan pada mereka. Tapi para beruang itu tidak sabaran, hingga giliran Moon yang mereka serang. Moon pun berkata urusan Mike bukanlah urusannya. Mike pun langsung panik, dan tanpa pikir panjang menunjuk hadiah yang ada dipeti yang dipajang dia atas panggung itu. Dengan cepat beruang itu membuka peti itu dengan tongkat besinya. Dan mereka semuanya akhirnya tahu jika tidak ada hadiah yang Moon janjikan didalam peti itu. Moon pun terliat ketakutan karena semua anggota teaternya senuntut kebenarannya. Tanpa mereka sadari akibat pukulan dari beruang itu, lantai panggung yang terbuat dari kaca, sudah retak dan retakan itu semakin panjang kedinding yang terbuat dari kaca,
     Eddie yang berada dibangku penonton, diatas, berteriak agar Moon segera pergi dari sana. Tapi sayang dalam hitungan detik panggung itu pecah dan air berhamburan masuk ke teater tiada henti, seperti banjir bandang. Mereka semua terseret hingga keluar dari gedung teater itu.
    Ketika Moon sadar semuanya sudah selesai. Teater pemberian ayahnya itu sudah tiada. Pada dasarnya karena bangunan teater itu yang sudah sangat tua, akibat banjir itu, gedung itu raboh. Moon sangat sedih melihat puing-puing bangungan gedung teaternya. Moon merasa karirnya sudah selelai. Tidak ada lagi yang diharapkannya.
   Setelah kejadian itu, Moon hanya terdiam dirumah Eddie, bermalas-malasan. Eddie sudah menghibur Moon agar bangkit, tapi tetap saja dia merasa tidak ada lagi yang bisa dilakukannya. Beberapa anggota teater pun datang melihat Moon, tapi Moon mengabaikannya. Karena tidak ada lagi yang bisa dilakukannya, Moon pun memutuskan bekerja sebagai pencuci mobil dipinggir jalan, seperti pekerjaan ayahnya dulu. Dengan dibantu oleh Eddie dan nona Crawly, mereka membersihkan mobil satu demi satu.
     Ketika sedang membersihkan kaca depan sebuah mobil, tiba-tiba Moon mendengar suara merdu seseorang yang sedang menyanyi. Karena sangat penasaran, Moon berlari kesebarang jalan mencari asal suara merdu itu. Eddie berteriak bertanya Moon mau kemana, tapi koala itu mengabaikannya. Dia lebih tertarik dengan suara itu. Moon menyadari posisinya sekarang berada didaerah gedung teaternya yang roboh. Moon terkejut ketika yang menyanyi itu adalah Meena.
Selesai menyanyi, Meena terkejut Moon sudah berdiri disampingnya. Dengan lembut Moon mengajak Meena untuk bekerja sama lagi, menjadi anggota teaternya. Meena pun setuju. Dengan cepat Moon menghubungi semua anggota teaternya, dan semua bersedia ikut. Walaupun pada saat itu Jonny sedang berduka karena ayahnya masuk penjara.
Mereka mendirikan panggung teater terbuka diarea puing-puing gedung dengan ide brilian dari Rosita yang ahli merenovasi. Selebaran undangan pun mereka sebar dan temple di sepanjang jalan. Mereka bekerja keras untuk membuat panggung dan juga mempersiapkan penampilan mereka tanpa memikirkan hadiah lagi. Karena yang ingin mereka raih adalah dapat menampilkan bakat mereka pada semua orang.
     Malam harinya tibalah saatnya pertunjukan mereka dimulai. Dengan bantuan Eddie di bagian sound system, Moon membuka pertunjukan dengan sedikit memberi sambutan pada penonton yang hanya beberapa orang. Lalu dimulailah pertunjukan itu. Dimulai dari penampilan Rosita dan Gunter yang sangat mengibur para penonton dengan membawakan lagu FIREWORK dari Kety Perry. Mereka menari dengan sangat lihai ditas panggung. Kemudian dilanjut dengan penampilan Jonny yang apik bermain dengan pianonya. Lalu dilanjut dengan Ash, si gadis landak Rok’N Roll. Menyanyikan lagu ciptaannya sendiri yang beraliran Rok.
    Dilain sisi Mike yang luntang-lantung dijalanan melihat orang-orang berkerumun menonton sesuatu di TV, karena penasaran, Mike menerobos kerumunan itu. Mike melihat penampilan para anggota teater itu. Dia bertekat akan tampil disana, menunjukkan dirinya lebih baik dari para anggota teater itu.
    Hingga penampilan terakhir diisi oleh Meena. Dia sempat gugup bahkan tidak mau menuju panggung. Tapi atas bujukan Moon, Meena pun muncul dipanggung. Dia terlihat sangat gugup karena para penonton semakin banyak yang berdatangan. Dengan tekat yang kuat akhirnya mena menyanyi dengan suara merdunya. Semua orang tercengang dengan suara Meena yang semakin lama semakin membuat mereka terkagum-kagum, terkhusus ketika Meena menyanyikan high notenya.
      Pertunjukan pun selesai dengan sorak riuh dari penonton. Semua merasa sangat bahagia termasuk Moon. Tanpa sengaja Moon melihat Nana jika duduk dideretan para penonton. Moon semakin terharu karena seorang legend dipanggung teater seperti Nana, mau menonton pertunjukan teaternya yang serba minim perlengkapan.
   Keesokan harinya Nana menandatangani surat pembelian lahan gedung teater Moon yang sebelumnya sudah menjadi hak bank karena utang Moon yang belum dibayar-bayar. Nana membangun teater itu kembali dengan Moon yang tetap sebagai pemimpinnya.

Nah dari review SING ini, apa pelajaran yang bisa kita ambil?
Yang pertama, jangan berbohong hanya untuk menutupi kesalahan. Karena semakin kita berbohong, akibatnya akan berkali-kali lipat yang kita tanggung. Seperti yang Moon lakukan. Karena kebohongannya pada semua anggota teater bahwa sebenarnya hadiah dari audisi itu tidaklah sebesar 100.000 dollar. Karena kebohongan itu Moon harus melakukan berbagai cara agar dapat mengumpulkan uang. Dan akibatnya dia kehilangan gedung teaternya.
Lalu pelajaran kedua dapat kita ambil dari Meena. Kita sudah tahu dia memiliki bakat dengan suara merdunya. Tapi karena sikapnya yang selalu gugup dan pemalu, dia hampir saja tidak akan pernah menunjukkan kemampuannya pada orang-orang. Yang perlu kita pelajari adalah segala sesuatu yang sudah diberikan oleh Sang Pencipta buat kita, maka gunakanlah sebaik mungkin. Tapi jangan sampai seperti Mike yang menjadi sombong.
Dan yang terakhir (ketiga), yang menurut saya paling suka dari film ini adalah USAHA. Dengan usaha yang keras walaupun sebelumnya gagal, pasti akan berbuahkan hasil yang baik. Orang yang mau berusaha pasti akan mendapatkan keberhasilan. Jangn menyerah dengan segala hambatan yang harus kita lalui. Anggaplah hambatan itu sebagai batu loncatan menuju keberhasilan.
Ok, sekian dulu untuk review film SING-nya. Bagi kalian yang tertarik bisa menontonnya atau download di lk21.tv. Selamat menonton~  

Comments