LAMBANG DAN PENGERTIAN KOPERASI

LAMBANG KOPERASI

 



Arti lambang koperasi adalah sebagai berikut:
1.      Rantai        : menggambarkan persahabatan yang kokoh.
2.      Gigi Roda  : menggambarkan usaha karya yang terus menerus dari golongan koperasi.
3.      Kapas dan Padi      : menggambarkan kemakmuran rakyat yang diusahakan dan yang akan dicapai golongan koperasi.
4.      Timbangan : menggambarkan keadilan sosial sebagai salah satu dasar dari koperasi.
5.      Bintang dan Perisai            : menggambarkan pancasila dan merupakan landasan idiil dari koperasi.
6.      Pohon Beringin      : menggambarkan sifat kemasyarakatan yang kepribadian Indonesia dan koperasi yang kokoh berakar.


PENGERTIAN KOPERASI
·         Koperasi berasal dari kata CO dan Operation, yang mengandung arti bekerja sama untuk mencapai tujuan. Karena itu koperasi adalah:
“suatu perkumpulan yang beranggotakan orang-orang atau badan-badan yang memberi kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota, dengan bekerja sama secara kekeluargaan menjalankan usaha, untuk mempertinggi kesejahteraan jasmaniah para anggotanya” (Arifinal Chaniago, 1984).
·         “Koperasi adalah perkumpulan manusia seorang-seorang yang dengan sukanya sendiri hendak bekerja sama untuk kemajuan ekonominya” (R.M. Margono Djojohadikoesoema, Sepuluh Tahun Koperasi, 1930-1940).
·         “Koperasi sebagai suatu perkumpulan dari orang-orang yang atas dasar persamaan derajat sebagai manusia, dengan tidak memandang haluan agama dan politik secara sukarela masuk, untuk sekedar memenuhi kebutuhan bersama yang bersifat kebendaan atas tanggungan bersama” (Prof. R. Soeriaatmadja).
·         “koperasi adalah suatu badab usaha yang secara sukarela dimiliki dan dikendalikan oleh anggota yang adalah juga pelanggannya dan dioperasikan oleh mereka dan untuk mereka atas dasar nir laba atau atas dasar biaya-biaya” (Prof. Marvin A. Schaars).
·         “Cooperative is an economic system with social contrast (koperasi adalah suatu sistem ekonomi yang mengandung unsur sosial)” (Paul Hubert Casselman).


Sumber:
Anoraga Pandji, Ninik Widiyanti, 1995. Manajemen Koperas.Semarang;Pustaka Jaya
Firdaus Muhammad, Agus Edhi Susanto, 2002.Perkoperasian.Jakarta;Ghalia Indonesia
Sitio Arifin, Halomoan Tamba, 2001.Koperasi Teori dan Praktik.Jakarta;Erlangga


Studentsite Gunadarma

Comments